Senin, 24 Oktober 2011

Revisi Bab 1 Pendahuluan " Metode Riset "

Ani Purwaningsih
3ea11
10209853

Tema   :  Ketimpangan Distribusi Pendapatan



ANALISIS TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI INDONESIA



BAB 1
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang Masalah
Ø  Fenomena
Keadaan masyarakat Indonesia terhadap terjadinya ketimpangan distribusi pendapatan adalah suatu masalah utama dalam distribusi pendapatan. Berdasarkan pemahaman yang mendalam mengenai masalah ketidakmerataan dan kemiskinan ini memberikan dasar yang baik untuk menganalisis masalah pembangunan yang lebih khusus seperti : pertumbuhan jumlah penduduk, pengangguran, pembangunan pedesaan, pendidikan, perdagangan internasional dan lainnya. Pada dekade 1980-an hingga pertengahan dekade 1990-an, sebelum krisis ekonomi, Indonesia memang menikmati laju pertumbuhan ekonomi atau produk domestik bruto (PDB) yang relative tinggi tetapi tingkat kesenjangan juga semakin besar dan jumlah orang miskin terlalu banyak. krisis nilai tukar rupiah muncul dan berubah menjadi suatu krisis ekonomi yang paling kompleks yang penah dialami oleh Indonesia, paling tidak sejak orde baru berkuasa. Krisis ini yang akhirnya menciptakan suatu resesi ekonomi yang besar dengan sendirinya memperbesar tingkat kemiskinan dan gap dalam distribusi pendapatan di tanah air, bahkan menjadi jauh lebih parah dibandingkan dengan kondisi pada dekade 1980-an.

Ø  Riset Terdahulu
Menurut para ahli mengenai faktor penyebab terjadinya ketimpangan distribusi pendapatan dapat dikemukakan diantaranya oleh Mocan (1999), Blejer dan Guererro (1990) bahwa penyebab ketidakmerataan distribusi pendapatan adalah faktor inflasi dan pengangguran. Menurut Auten dan Carroll (1999) serta Feenberg dan Poterba (1993) yaitu menunjukkan adanya pengaruh kebijakan fiskal terutama tingkat pajak. Menurut Atkinson (1976) yang dikutip oleh Rusli, et.al (1996) mendefinisikan bahwa ketidakmerataan pendapatan sebagai perbedaan, persebaran, atau pemusatan pendapatan, yang keseluruhannya berpangkal pada ketidaksamaan dilihat secara kumulatif. Pemerataan hasil-hasil pembangunan biasanya dikaitkan dengan masalah ketimpangan, kesenjangan, dan kemiskinan. Faktor-faktor yang berkaitan dan berpengaruh terhadap distribusi pendapatan rumah tangga dikategorikan ke dalam faktor internal dan faktor eksternal. Khusus faktor internal adalah faktor yang berasal dari intern rumah tangga itu sendiri. Faktor-faktor tersebut meliputi sumberdaya tenaga kerja rumah tangga dan komponen pendapatan itu sendiri (Becker, 1993).

Ø  Motivasi Penelitian
            Berdasarkan fenomena dan riset terdahulu (Mocan (1999), Blejer dan Guererro (1990) serta rekomendasi menurut Auten dan Carroll (1999) serta Feenberg dan Poterba (1993)  yang telah di paparkan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa motivasi penelitian yang di ambil adalah tentang faktor penyebab terjadinya ketimpangan distribusi pendapatan

2.      Perumusan Masalah
Berdasarkan motivasi penelitian di atas maka perumusan masalahnya adalah tentang faktor – faktor penyebab terjadinya ketimpangan distribusi pendapatan. Hal tersebut untuk mempertimbangkan ketimpangan distribusi pendapatan sebagai pertimbangan dalam strategi pembangunan dan memprioritaskan kebijakan penanggulangan kemiskinan dan ketimpangan pendapatan atau kesenjangan ekonomi di Indonesia.

3.      Masalah
Bagaimana pengaruh faktor penyebab terjadinya kesenjangan distribusi pendapatan, karena ketimpangan pendapatan dan kemiskinan menjadi masalah yang sangat besar jika tidak segera ditindaklanjuti. Banyak literatur menyatakan bahwa penurunan kemiskinan yang berkelanjutan membutuhkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berkepanjangan.

4.      Tujuan  Penelitian
Berdasarkan latar belakang dan perumusan masalah diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya ketimpangan distribusi pendapatan dan mengetahui seberapa besar ketimpangan distribusi pendapatan di Indonesia.

Pustaka :
 http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/03/analisis_kemiskinan_dan_ketimpangan_distribusi_pendapatan.pdf

http://virasabila.webnode.com/news/struktur-produksi-distribusi-pendapatan-dan-kemiskinan/

 Tugas ini di berikan oleh Pak Prihantoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar